Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aman Berpergian: 7 Cara untuk Melindungi Diri dari Bahaya

Aman Berpergian: 7 Cara untuk Melindungi Diri dari Bahaya

1. Utamakan Keamanan dalam Pengeluaran

Ketika tiba di negara baru larut malam, Anda mungkin mencoba berhemat dalam perjalanan, namun tidak ada yang lebih berharga daripada keamanan perjalanan Anda. Utamakan keamanan dengan menggunakan taksi atau menginap di hotel bandara untuk bepergian dengan aman.

2. Bawa Uang dengan Aman

Jaga uang Anda selalu dekat dengan Anda - itu adalah tips keamanan perjalanan nomor satu. Anda dapat menggunakan tas pinggang atau dompet khusus untuk melindungi uang Anda dari pencopetan. 

Jika Anda membawa ransel, cobalah untuk memakainya di dada Anda saat berada di tempat-tempat ramai. Meskipun terlihat lucu, namun sulit bagi seseorang untuk masuk ke dalam tas Anda di pasar ramai atau kereta bawah tanah. 

Pastikan juga untuk tidak membawa terlalu banyak uang dan menyimpan sejumlah uang di tempat tersembunyi jika dompet Anda hilang. (seperti membawa dompet kedua)

3. Berpakaian dengan Cerdas untuk Keamanan Perjalanan

Pikirkan tentang turis khas, seseorang yang berjalan dengan kepala tertuju pada peta atau ponsel dan kamera di lehernya. Tampil seperti ini dapat membuat Anda menjadi target bagi pencuri dan penipuan. 

Namun, ada beberapa tips penting untuk menjaga keamanan perjalanan Anda: Ketahui tujuan Anda sebelumnya sehingga Anda tidak perlu melihat peta secara terus-menerus. Hal yang sama berlaku untuk perjalanan antar transportasi menuju tujuan Anda. Jika Anda tiba di stasiun kereta dan tidak tahu arahnya, akan segera terlihat. 

Berjalanlah dengan percaya diri. Ini akan membuat Anda terlihat seperti penduduk setempat atau setidaknya orang yang mengenal daerah tersebut. Berpakaianlah dengan pantas. Beberapa negara memiliki aturan keagamaan atau adat yang konservatif. 

Di tempat-tempat tersebut, hindari berpakaian yang berbeda sepenuhnya dari orang sekitar Anda. Berpakaianlah lebih konservatif agar tidak menarik perhatian dan sebagai tanda penghormatan. 

Jangan memakai perhiasan yang mencolok. Memakai perhiasan berharga adalah cara pasti untuk menarik perhatian pencuri dan menunjukkan bahwa Anda memiliki uang. Pertimbangkan untuk meninggalkan perhiasan berharga di rumah sebelum berpergian.

4. Beli Asuransi Perjalanan

Salah satu bagian terpenting dari perjalanan aman adalah mendapatkan asuransi perjalanan! Asuransi ini melindungi Anda dari segala biaya tak terduga, seperti kunjungan ke rumah sakit, pencurian barang, atau penerbangan terlewat. Meskipun sangat jarang Anda akan menggunakannya, namun ini adalah bagian penting dari perjalanan yang aman.

5. Berhati-hati dalam Memilih Tempat Makan

Di negara-negara dengan air yang tidak diolah dan tingkat sanitasi yang rendah, Anda mungkin bisa sakit karena air atau makanan. Hal ini tentu tidak menyenangkan dan bisa menyebabkan Anda melewatkan rencana perjalanan selama beberapa hari. 

Namun, mencoba kuliner lokal adalah salah satu hal terbaik dalam perjalanan, jadi berhati-hatilah tapi jangan sepenuhnya menghindari makanan lokal! Baca ulasan restoran sebelum mengunjunginya. 

Jika restoran dikenal karena menyebabkan keracunan makanan, ulasan akan mencatatnya. Makanlah di tempat-tempat populer. Apakah ada antrian? Bagus! Pastikan air minum Anda bersih. 

Alat penjernih air adalah cara bagus untuk menyaring air Anda dan menghindari plastik sekali pakai. Baca lebih lanjut tentang bepergian tanpa plastik. Hindari es dan salad. 

Keduanya biasanya dicuci atau dibuat dengan air keran. Konsumsi buah yang bisa dikupas. Hindari bakteri dengan hanya makan buah yang perlu dikupas sendiri.

6. Riset tentang Penipuan Lokal

Sayangnya, setiap tempat memiliki penipuan khasnya. Mulai dari pengemudi taksi yang membebankan biaya berlebih hingga seseorang yang meminta uang setelah memberikan petunjuk arah. Sebelum Anda pergi, lakukan riset tentang penipuan lokal. Selain itu, setibanya di akomodasi, tanyakan kepada staf tentang tips-tips keamanan di daerah tersebut.

7. Ketahui Daerah yang Harus Dihindari untuk Keamanan Perjalanan

Salah satu hal terbaik dalam merencanakan perjalanan adalah melakukan riset! Selagi Anda melakukan riset ini, periksalah saran perjalanan pemerintah Anda, mereka akan menjelaskan apa yang harus diwaspadai. 

Misalnya, peringatan malaria, bencana alam, atau nasihat keamanan untuk kota atau wilayah tertentu. Halaman pemerintah lokal Anda juga akan diperbarui secara berkala jika ada perubahan. 

Tips Tambahan untuk Keamanan Perjalanan Gratis Telusuri halaman Facebook dan forum pelancong untuk menemukan informasi tentang daerah tertentu yang akan Anda kunjungi.
 Para pelancong lain memiliki wawasan berharga tentang hal-hal yang harus diwaspadai. Selain itu, tanyakan kepada staf di akomodasi Anda mengenai lingkungan mana yang harus dihindari.

Post a Comment for "Aman Berpergian: 7 Cara untuk Melindungi Diri dari Bahaya"