Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliner Ramadhan yang Menggugah Selera di Jalur Mudik Cirebon-Brebes

Kuliner Ramadhan yang Menggugah Selera di Jalur Mudik Cirebon-Brebes

Mudik menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Jalur mudik Cirebon-Brebes menjadi salah satu jalur mudik yang paling ramai di Indonesia. Selain karena jaraknya yang relatif dekat dengan Jakarta, jalur mudik Cirebon-Brebes juga dilalui oleh berbagai macam kuliner khas yang menarik untuk dicoba.

Berikut ini adalah 7 kuliner khas Ramadhan yang bisa Anda coba saat mudik di jalur Cirebon-Brebes:

1. Empal Gentong

Empal gentong merupakan kuliner khas Cirebon yang sudah ada sejak zaman Belanda. Empal gentong terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dalam gentong tanah liat. Empal gentong memiliki cita rasa yang gurih dan manis yang sangat khas.

2. Nasi Jamblang

Nasi jamblang merupakan kuliner khas Cirebon yang sudah ada sejak zaman penjajahan Inggris. Nasi jamblang terbuat dari nasi yang dibungkus daun jati dan disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti tempe, tahu, telur, dan ayam. Nasi jamblang memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan daun jati yang memberikan aroma yang harum dan sedap.

3. Sate Blengong

Sate blengong merupakan kuliner khas Brebes yang terbuat dari daging blengong. Blengong adalah hewan yang merupakan hasil persilangan antara bebek dan itik. Sate blengong memiliki cita rasa yang khas karena dagingnya yang lembut dan gurih.

4. Sate Kambing Muda

Sate kambing muda merupakan kuliner khas Brebes yang terbuat dari daging kambing yang masih muda. Sate kambing muda memiliki cita rasa yang khas karena dagingnya yang empuk dan tidak berbau prengus.

5. Kupat Glabed

Kupat glabed merupakan kuliner khas Brebes yang terbuat dari ketupat yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu rempah-rempah. Kupat glabed memiliki cita rasa yang khas karena kuahnya yang gurih dan pedas.

6. Sate Kambing Batibul

Sate kambing batibul merupakan kuliner khas Tegal yang terbuat dari daging kambing yang masih muda. Sate kambing batibul memiliki cita rasa yang khas karena bumbunya yang diracik sendiri oleh sang pemilik warung.

7. Soto Tauco

Soto tauco merupakan kuliner khas Tegal yang terbuat dari soto yang dicampur dengan tauco. Soto tauco memiliki cita rasa yang khas karena perpaduan rasa manis, gurih, dan pedas dari tauco.

Itulah 7 kuliner khas Ramadhan yang bisa Anda coba saat mudik di jalur Cirebon-Brebes. Semoga Anda bisa menikmatinya!

Post a Comment for "Kuliner Ramadhan yang Menggugah Selera di Jalur Mudik Cirebon-Brebes"